Wednesday, June 12, 2013

Tidak ada shalat yang lebih berat bagi orang-orang munafik daripada shalat subuh dan isya

Rasulullah saw. bersabda, “Tidak ada shalat yang lebih berat bagi orang-orang munafik daripada shalat subuh dan isya. Jika mereka mengeta... thumbnail 1 summary
Rasulullah saw. bersabda, “Tidak ada shalat yang lebih berat bagi orang-orang munafik daripada shalat subuh dan isya. Jika mereka mengetahui apa yang terdapat dalam kedua shalat itu, mereka pasti pergi melaksanakannya meski dengan merangkak.” (HR Bukhari)

Shalat isya akan menjadi beban bagi sebagian orang, karena berada pada saat ia mulai merasakan kantuk. Apalagi jika makan malam pada waktu shalat isya atau sesaat sebelumnya. Karena itu, setelah makan malam bau mulut membius otak, tubuh merasa nyaman dan kelopak mata terasa berat, kemudian kenyamanan itu membuat mengantuk. Sehingga timbul rasa malas untuk pergi melaksanakan shalat isya.

Jika kita merasakan kantuk, segeralah berdiri, berwudhu dan pergi melaksanakan shalat. Hal itu lebih baik bagi jiwa dan tubuh. Di antara manfaat tidak langsung tidur setelah makan adalah sistem pencernaan akan bekerja secara perlahan. Hal itu akan mencegah penyakit-penyakit yang disebabkan buruknya pencernaan.

MARILAH kita dirikan sholat Isya dan mensyukuri nikmat-nikmat Allah subhaanahu wata’aalaa yang tak terhitung banyaknya. Semoga kita termasuk hambaNya yang pandai bersyukur, aamiin yaa rabbal aa’lamiin
z