Tuesday, July 14, 2009

Mengembalikan File yang telah Dihapus

SoftPerfect File Recovery ( restore deleted files from NTFS and FAT drives ) adalah sebuah software gratis ( tool ) yang dapat mengembalikan... thumbnail 1 summary
SoftPerfect File Recovery (restore deleted files from NTFS and FAT drives) adalah sebuah software gratis (tool) yang dapat mengembalikan (recover) file yang telah terhapus dari harddisk & floppydisk, USB flashdrive, kartu CF & SD, dan berbagai media penyimpanan lainnya; mendukung sistem file seperti FAT12, FAT16, FAT32, NTFS dan NTFS5 dengan kompresi dan enkripsi.

Informasi tentang SoftPerfect File Recovery versi 1.1 (14 Maret 2007)
Platform: Windows 95, 98, ME, NT, 2000, XP, 2003, Vista 32-bit/64-bit
Lisensi: Freeware (alias GRATIS!)
Ukuran file: 248KB
Situs web: SoftPerfect.com
Pengunduhan: file_recovery.exe

Contoh Penggunaan
Misi: Mendapatkan kembali file gambar (foto) dan video yang tidak sengaja terhapus dari telepon selular LG KU250.
Instruksi:
  • Matikan hubungan (disconnect) ponsel dengan komputer (PC/Notebook) jika sedang terhubung.
  • Konfigurasikan (setup) ponsel sebagai media penyimpanan (Mass Storage bukan Data Service) atau ponsel tidak akan terdeteksi oleh software tersebut. Caranya, pada ponsel pilih MENU - CONNECTIVITY kemudian pilih Bluetooth (bila ponsel & komputer dihubungkan via bluetooth) atau USB Connection (bila ponsel & komputer dihubungkan via kabel USB), setelah itu pilih MASS STORAGE.
  • Hubungkan (connect) ponsel LG KU250 Anda dengan komputer (PC/Notebook) menggunakan bluetooth atau kabel USB tadi.
  • Jalankan software file_recovery.exe yang telah diunduh kemudian pada 'Where' pilih media simpan dimana ponsel LG KU250 akan terdeteksi sebagai Disk G (Disk G:\[FAT]) oleh software tersebut. Bisa juga ponsel terdeteksi sebagai Disk F, Disk H, dst. tergantung seberapa banyak komputer Anda memiliki media simpan yang sedang aktif (enabled). Kemudian klik "Search" dan file-file yang telah terhapus akan muncul dalam daftar, lalu pilih file yang hendak Anda kembalikan (restore), jika lebih dari satu tekan tombol CTRL (jangan dilepas) pada keyboard kemudian klik file yang hendak dikembalikan, lalu klik "Restore". Selamat! Kini file tersebut telah muncul kembali pada ponsel LG KU250 Anda!

Saran
Sebaiknya langsung lakukan proses restorasi (recovery) setelah ada file yang terhapus sebelum melakukan pekerjaan lainnya sehingga file yang terhapus belum sempat tertimpa oleh file lain akibat dari proses penambahan file baru, modifikasi file, dll. Sebab jika file yang terhapus sudah tertimpa maka file yang terhapus tersebut tidak akan bisa dikembalikan secara sempurna atau bahkan sama sekali tidak bisa dikembalikan!

Mengapa file yang terhapus masih bisa dikembalikan?
Sewaktu kita menghapus file maka sebenarnya yang terjadi adalah file tersebut tidak dihapus dari media penyimpanannya namun hanya sekedar dihilangkan dari daftar file. Untuk mudahnya saya beri contoh seperti buku. Dalam buku ada halaman daftar isi (indeks) yang berisi rujukan nomor-nomor halaman ke berbagai topik yang terdapat dalam buku tersebut. Ketika topik dihapus maka yang dihapus hanya pencantumannya dari halaman daftar isi saja sedangkan topik tersebut sebenarnya masih ada dalam halaman buku. Nah, fungsi software ini adalah menemukan seluruh file yang masih ada dalam media penyimpanan (harddisk, USB flashdrive, dll.) namun sudah terhapus alias tidak lagi ditemukan pada indeks.

Jika menilik dari contoh buku tadi maka topik bisa dilihat sebagai file; topik yang sudah terhapus alias tidak lagi ditemukan pada halaman daftar isi namun masih ada dalam media penyimpanan buku. Karena itu jika Anda memiliki file penting yang tidak ingin diketahui oleh pihak lain apalagi rahasia pribadi atapun perusahaan janganlah sekedar menghapusnya secara biasa (contoh: menghapus file rahasia menggunakan fungsi "DELETE" pada Windows Explorer) namun gunakanlah software file shredder yaitu menghapus file secara khusus sehingga file tidak bisa dikembalikan, kalaupun bisa file tersebut tidak akan bisa dibaca kembali alias formatnya sudah dirusak (prinsip ini mirip dengan yang dilakukan oleh mesin pemotong kertas dokumen dimana kertas dokumen dipotong-potong menjadi hanya selebar beberapa milimeter saja). Resikonya adalah Anda tidak bisa mengembalikan (recover) file tersebut karena itu pastikan lebih dahulu sebelum menghapusnya menggunakan software file shredder.

Software file shredder banyak ditemukan di internet salah satunya (gratis) adalah di FileShredder.org.

Posting by Iklanumum

No comments

Post a Comment