Friday, June 14, 2013

Demo Pasar Ir. Soekarno Sukoharjo

  SUKOHARJO, KOMPAS.com  — Ratusan pedagang yang berjualan di Pasar Ir Soekarno, Sukoharjo, Jawa Tengah, berunjuk rasa di gedung DPRD Suk... thumbnail 1 summary
 
SUKOHARJO, KOMPAS.com — Ratusan pedagang yang berjualan di Pasar Ir Soekarno, Sukoharjo, Jawa Tengah, berunjuk rasa di gedung DPRD Sukoharjo, Rabu (12/6/2013), untuk memprotes pembangunan pasar yang tidak kunjung rampung.
Pedagang meminta anggota dewan mendesak Pemerintah Kabupten Sukoharjo agar segera menyelesaikan pembangunan pasar yang terbengkalai lama itu. Pasar seharusnya bisa beroperasi pada Desember 2012 lalu.
Peserta aksi berorasi di depan gedung sambil membawa poster yang mengungkapkan kegelisahan mereka. "Selama ini pedagang hanya menempati pasar darurat dan itu sepi pembeli. Pendapatan kita menjadi berkurang," kata Fajar Purwanto, Ketua Himpunan Pedagang Pasar Sukoharjo Kota.
Setelah menggelar orasi di luar gedung, peserta aksi menduduki ruang sidang paripurna dan menggelar rapat pleno sendiri sambil menunggu jajaran pimpinan dewan datang. Tak berselang lama, Wakil Ketua DPRD Sukoharjo Jaka Wuryanto datang dan bergabung dengan para pedagang.
Dalam kesempatan tersebut, Jaka berjanji mendukung pedagang dan akan mengirimkan surat permohonan untuk mengadakan rapat dengar pendapat dengan Pemerintah Kabupaten Sukoharjo. "Saya mendukung pedagang dan akan mengirimkan surat permohonan hearing terhadap pihak-pihak terkait proyek pembangunan pasar Ir Soekarno," kata Jaka.

Sementara itu, Sumarjono, Ketua Aliansi Perbaiki Sukoharjo, menyatakan akan menggelar aksi massa yang lebih besar di kantor Pemkab terkait proyek pasar seluas 2 hektar yang menghabiskan dana sekitar Rp 24 miliar.
"Kami akan membantu pedagang mendapatkan haknya dan kita akan terus mengerahkan massa untuk mendesak pembangunan pasar yang menghidupi ratusan pedagang," kata Sumarjono. x

No comments

Post a Comment