Wednesday, March 3, 2010

Panduan Membuat dan Mendaftarkan Sitemap

Sitemap bisa dikatakan sebagai peta navigasi sebuah situs . Dulu sitemap dibuat berupa halaman yang berisi lin-link yang tersusun bebentuk... thumbnail 1 summary
Sitemap bisa dikatakan sebagai peta navigasi sebuah situs. Dulu sitemap dibuat berupa halaman yang berisi lin-link yang tersusun bebentuk pohon dan bertujuan untuk memudahkan pengunjung menelusuri web site. Tetapi sekarang sitemap lebih ditijukan untuk search engine supaya lebih mudah mengindek halaman web site. Sitemapyang ditujukan untuk search sengine berformat XML. Sitemap inilah yang akan saya bahas.
Untuk saat ini yang saya tahu Google dan Yahoo adalaah search engine yang mempunyai services untuk submit sitemap. Google dengan Google Sitemapnya dan Yahoo dengan Yahoo Site Explorer.
Untuk membuat sitemap tidaklah sulit, tidak perlu membuat manual karena sudah banyak tool yang bisa digunakan. Bagi pengguna Wordpress bahkan sudah ada Plugin yang bisa mengerte sitemap secara otomatis.

Membuat Sitemap
1. Membuat Sitemap untuk web site biasa (bukan blog).
Kunjungi www.sitemapbuilder.net, kemudian masukkan URL, generate terus download sitemapnya. Upload ke server Anda, contoh www.situskamu.com/sitemap.xml.
2. Untuk Wordpress Blog (Bukan untuk blog yang di Wordpress.com).
Download plugin Google XML Sitemap. Upload kemudian aktifkan. Msuk ke bagian Settings>XML Sitemaps. Pada bagian status akan ada permintaan untuk rebuils sitemap jika sitemap belum dibuat, klik linknya untuk membuat sitemap.
Mendaftarkan Sitemap ke Google
Untuk mendafarkan sitemap ke Google silahkan baca petunjuknya disini.
URL sitemap Anda adalah www.namasitus.com/sitemap.xml. Untuk pengguna Blogger adalah blogkamu.blogger.com/atom.xml.
Medaftarkan Sitemap ke Yahoo
Kunjungi siteexplorer.search.yahoo.com. Anda harus login dengan account Yahoo Anda dulu untuk bisa mengaksesnya. Masukkan alamat situs Anda. Selesai.
Mendaftarkan sitem ke Google dan Yahoo tidak menjamin Google atau Yahoo akan mengindek web site Anda lebih sering atau meningkatkan traffic web site. Sitemap hanya sebagai sarana agar search engine lebih mudah mengindek web site.
Jika kurang jelas atau terjadi error silahkan comment disini. :)