Wednesday, March 3, 2010

Blog Sumber Uang

Saya tidak akan menjelaskan lagi apa itu blog, jadi bagi pembaca disini yang tidak tahu apa itu blog dan mengapa kita harus memilik blog , b... thumbnail 1 summary
Saya tidak akan menjelaskan lagi apa itu blog, jadi bagi pembaca disini yang tidak tahu apa itu blog dan mengapa kita harus memilik blog, bisa membaca di blog mas Enda Nasution. Dengan membaca disana mungkin akan bisa membantu memberi pengertian yang lebih dalam. Tetapi apabila anda belum merasa puas dengan penjelasan tersebut, anda juga bisa mencari melalui mesin pencari blog. Intinya blog sangat bermanfaat sekali untuk mendukung bisnis, baik bagi pemula maupun yang sudah berpengalaman.


Sebuah blog adalah situs web Anda yang mudah di gunakan, di mana Anda dapat dengan cepat memposting pemikiran Anda, berinteraksi dengan orang lain, dan banyak lagi.
Dalam membuat blog kita bisa memanfaatkan penyedia blog gratisan, seperti blogger dengan blogspotnya, ataupun wordpress. Banyak fasilitas-fasilitas yang ditawarkan disana. Karena saya sendiri tidak begitu tahu banyak tentang blog gratisan tersebut, sehingga saya tidak bisa berkreasi, dengan kata lain ada batas-batas tertentu yang tidak bisa kita langgar. Kita harus mengikuti semua peraturan yang ada disana, bahkan dalam isi blog pun harus sesuai aturan, dan apabila melanggar aturan tersebut maka sebagai ganjaran akan terhapus semua isi blog kita, bahkan ada yang terhapus juga accountnya. Tidak pandang bulu apakah penting atau tidak. Namun jika anda masih memaksakan diri untuk membuat blog gratis tersebut, sebagai contoh bisa mendaftarkan blog kita di blogger.com.
Namun saya tidak akan menjelaskan lebih jauh tentang membuat blog gratis ini, diluar sana banyak sekali tutorial tentang cara membuat blog gratis. Karena cara mendaftarkan blog tersebut sangat mudah walaupun anda seorang pemula. Hanya dengan meng-klik tombol CIPTAKAN BLOG ANDA SEKARANG dan ikuti petunjuk-petunjuk selanjutnya sampai selesai, maka anda sudah memiliki blog baru, Gratis. Jika anda mengalami kesulitan dalam membuat blog tersebut, saya InsyaAllah akan siap membantu.
Yang kedua adalah blog yang bukan gratis alias berbayar. Saya menggunakan Wordpress sebagai sistem manajemen kontennya (Content Management System - CMS). Karena ini merupakan milik pribadi, kita bebas mengisi apa saja. Tentang kontennya maupun memasukkan fitur-fitur yang ada. Bahkan jika bisa membuat fitur barupun diperbolehkan disini. Dengan adanya fitur-fitur tersebut, tentunya kita akan lebih terbantu, sehingga memudahkan kita sebagai pemilik blog.
Untuk memiliki blog pribadi yang berbayar ini, langkah pertama adalah mendaftarkan nama domain sesuai pilihan kita. Jika kita sudah memiliki memiliki nama domain, langkah kedua adalah membeli hosting untuk menempatkan file-file kita. Jika kita sudah memiliki keduanya, lalu kita masuk ke control panel dari hosting kita, dan masukkan file wordpress kedalam hosting tersebut untuk di install. File wordpress bisa didapatkan di wordpress.org. Tutorial tentang kasus ini juga banyak diinternet, sehingga saya tidak akan mengupasnya lagi lebih dalam. Tetapi apabila anda masih merasa kesulitan, InsyaAllah saya siap membantu.
Manfaatnya jika kita memiliki Blog adalah kita bisa memasarkan produk-produk kita diblog tersebut. Sehingga bisa langsung berinteraksi dengan konsumen. Atau bahkan jika anda belum mempunyai produk untuk dijual, diinternet banyak sekali produk yang bisa anda ikuti dengan cara berafiliasi, sehingga apabila anda mampu menjual produk tersebut, anda akan mendapatkan uang sekian persen dari pemilik produk, contoh yang melakukan seperti ini adalah Amazon dan Ebay. Namun tidak hanya itu saja yang bisa menghasilkan pemasukan dari internet, ada ratusan yang bisa kita ikuti secara cuma-cuma. Karena terlalu banyaknya orang menawarkan hal semacam ini, kita harus pintar-pintar dalam memilih. Sehingga kita tidak terjerumus atau terkecoh, yang menyebabkan terkurasnya tenaga dan pikiran namun tidak mendapatkan seperti yang kita harapkan.