Wednesday, May 22, 2013

Menghilangkan widget atau Sidebar di Mainpage Blogger

Sebenarnya ini sudah banyak yang tau namun karena banyak yang menanyakan maka saya sharing saja disini. Saat anda mengklick salah satu judul... thumbnail 1 summary
Sebenarnya ini sudah banyak yang tau namun karena banyak yang menanyakan maka saya sharing saja disini. Saat anda mengklick salah satu judul postingan maka beberapa widget atau sidebar hilang. Bagaimana caranya? Ini adalah cara menyembunyikan atau menghilangkan sidebar atau dalam bahasa inggris disebut how to hide or remove sidebar in blogspot.

Caranya Menghilangkan widget

1. Login ke dashboard anda klik Edit HTML

2. Copy lalu paste code dibawah ini tepat sebelum code </head>

    <b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
    <style>
    #HTML5{display:none;}
    </style>
    </b:if>

#HTML5 adalah id widget  yang ingin anda sembunyikan. Anda juga bisa merubah besar kecil huruf atau gambar background sehingga berbeda dengan mainpage atau bagian home dari blog anda. Ini bisa kita lakukan dengan menambahkan langsung pada code diatas sehingga menjadi seperti ini :

    <b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
    <style>
    #HTML5,{display:none;}
    #main-wrapper{width: 95%; float: none; margin: 0 auto;}
    </style>
    </b:if>

Pada code diatas yang saya rubah adalah ukuran  #main-wrapper .

Kalau anda ingin menyembunyikan salah satu gadget atau sidebar pada halaman utama , misalkan menyembunyikan footer anda maka code di atas diganti menjadi:

    <b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
    <style>
    #footer-wrapper{display:none;}
    </style>
    </b:if>

Jangan lupa Save template anda silahkan dilihat hasilnya code ini akan membuat blog anda lebih dinamis dan cantik, bisa dikombinasikan mana yang muncul di halaman utama dan mana yang tidak, selamat mencoba.