Thursday, October 25, 2012

Ikan Seluang Batang/Lunjar Padi

Seluang batang, biasa ikan ini disebut di daerah Sumatera Selatan (Palembang dan sekitarnya) adalah ikan air tawar berukuran kecil yang b... thumbnail 1 summary
Seluang batang, biasa ikan ini disebut di daerah Sumatera Selatan (Palembang dan sekitarnya) adalah ikan air tawar berukuran kecil yang biasa dikonsumsi sebagai makanan gurih yang digoreng kering dan renyah. Terkadang seluang hidup juga digunakan sebagai umpan/makanan ikan akuarium yang lebih besar, seperti lohan. Di pulau Jawa, seluang batang lebih dikenal dengan nama Lunjar Padi.
Identifikasi
gambar ikan seluang batang
Silver rasbora (Rasbora argryotaenia)
Nama : Seluang batang/Silver rasbora/Rasbora argryotaenia
Harapan hidup : 3-6 tahun
Panjang : 5-17 cm
Class : Actinopterygii
Family : Cyprinidae
Genus : Rasbora
Seluang batang merupakan salah satu anggota ikan dari genus Rasbora. Ikan jenis ini memiliki tubuh memanjang, agak pipih, bersisik tipis, warna tubuh putih kekuningan dan mempunyai sepasang mata jernih, pada beberapa spesies terdapat garis kehitaman di bagian tengah badan.
Banyak jenis ikan rasbora dapat ditemukan di Indonesia, salah satunya Rasbora bankanensis, ikan seluang dari Pulau Bangka, Sumatera, memiliki panjang tubuh 10 cm dengan garis kebiruan dari pangkal ekor sampai ke pertengahan tubuh.
gambar ikan seluang bangka
Rasbora bankanensis
Rasbora borapetensis atau yang lebih dikenal dengan nama Red-tail rasbora berukuran 6 cm, merupakan jenis ikan hias yang disenangi di beberapa negara Asia.
Red-tail rasbora (Rasbora borapetensis)
Red-tail rasbora (Rasbora borapetensis)
Rasbora elegans berukuran 13 cm, memiliki ciri khas bintik hitam di sisi tubuhnya.
Elegant Rasbora (Rasbora elegans)
Elegant Rasbora (Rasbora elegans)
Saat ini, rasbora sudah umum dijadikan ikan hias, karena warna keperakan mereka yang selaras dengan tanaman air (untuk aquascape) dan perawatannya mudah. Beberapa spesies rasbora yang sering dijadikan ikan hias aquascape antara lain : Red-tail rasbora, Eye-spot rasbora, Scissortail rasbora, dan Harlequin rasbora.
Eye-spot rasbora (Rasbora dorsiocellata)
Eye-spot rasbora (Rasbora dorsiocellata)
Giant scissortail rasbora (Rasbora caudimaculata)
Giant scissortail rasbora (Rasbora caudimaculata)
Harlequin rasbora (Trigonostigma heteromorpha)
Harlequin rasbora (Trigonostigma heteromorpha)
Fire rasbora (Rasbora vaterifloris)
Fire rasbora (Rasbora vaterifloris)
Rasbora gracilis
Rasbora gracilis
Sidestripe rasbora (Rasbora paviei)
Sidestripe rasbora (Rasbora paviei)
gambar ikan seluang
Rasbora rasbora, dipercaya adalah spesies pertama yang masuk dalam genus Rasbora pada abad 18
Jenis & gambar ikan rasbora lainnya : http://goo.gl/SDXQN
Habitat
Ikan seluang dapat ditemukan di kawasan Asia Tenggara dan Afrika. Seluang hidup di sungai dan rawa berair tenang di dalam hutan. Populasi seluang di perairan umum sudah jarang ditemukan. Di alam bebas, seluang biasanya hidup begerombol pada bagian permukaan hingga bagian tengah perairan.
Saat curah hujan tinggi dan permukaan air meningkat, seluang lebih mudah ditemukan karena mereka bergerak bebas di permukaan air mengejar makanan. Namun, ketika suhu air meningkat terutama pada musim kemarau, seluang akan cenderung berkumpul dan berteduh di bawah pohon. Seluang mampu bertahan hidup pada suhu air antara 22 hingga 26°C.
Saat berkembang biak, ikan seluang akan melekatkan telur-telurnya pada tumbuhan air. Ikan seluang yang masih berukuran kecil bercorak putih keperakan dengan garis-garis kehitaman yang membentang di kedua sisi tubuhnya. Namun saat membesar, warnanya akan memudar menjadi putih kekuningan.
VIDEO Harlequin rasbora bertelur di tanaman air: http://goo.gl/HieEo
VIDEO Harlequin rasbora kawin:
http://goo.gl/EYkNs
Makanan
Ikan seluang adalah ikan omnivora. Makanan mereka beragam mulai dari zooplankton, lumut, crustacea kecil (seperti kutu air), telur ikan (termasuk telur dari jenis mereka sendiri), serangga, hingga cacing tanah.
Kerabat
Seluang/rasbora juga memiliki kerabat dari satu keluarga/family Cyprinidae yang memiliki karakteristik hampir sama, yaitu Danio, Devario, Puntius, dan Boraras.
Zebra danio (Brachydanio rerio)
Zebra danio (Brachydanio rerio)
Devario aequipinnatus
Devario aequipinnatus
Zebra barbs (Puntius johorensis)
Zebra barbs (Puntius johorensis)
Boraras urophthalmoides
Boraras urophthalmoides
VIDEO Great Danio makan jangkrik: http://www.youtube.com/watch?v=P7WO5mVWxCc 

http://adearisandi.wordpress.com/2011/11/07/ikan-seluang-batanglunjar-padi/