Tuesday, May 29, 2012

Daftar Tunggu Haji Capai 6.994 Orang

Senin, 28/05/2012 06:00 WIB - Muhammad Ismail SUKOHARJO—Kementerian Agama (Kemenag) mencatat daftar tunggu calon haji (Calhaj) Sukoharjo sam... thumbnail 1 summary

Senin, 28/05/2012 06:00 WIB - Muhammad Ismail

SUKOHARJO—Kementerian Agama (Kemenag) mencatat daftar tunggu calon haji (Calhaj) Sukoharjo sampai saat ini mencapai 6.994 orang. Mereka yang tengah mendaftar keberangkatan hingga 9 tahun ke depan.
Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama (Kemenag) Sukoharjo, Imam Waladi mengatakan daftar tunggu Calhaj per 11 Mei, mencapai 6.994 orang. Jika mendaftar tahun ini, diperkirakan baru berangkat 2021, mendatang.
Banyaknya daftar tunggu Calhaj ini disebabkan sistem pendaftaran yang berbeda. Jika sebelumnya daftar tunggu berlaku di setiap kabupaten/kota, tahun ini berlaku menyeluruh di tingkat provinsi Jateng. “Dulu jatah kuota haji diberikan langsung ke Kabupaten masing-masing. Akan tetapi tahun ini, kuota langsung diberikan kepada provinsi dan provinsi membagikan ke daerah,” ujar Imam, Sabtu (26/5).
Dikatakan Imam, dampak adanya sistem baru tersebut ketika ada Calhaj yang meninggal dunia atau mundur, yang mengganti bukan calon jemaah dari Sukoharjo, tapi antrean di bawahnya yang mungkin dari kabupaten lain. Untuk tahun ini, Jateng mendapatkan 29.435 kursi kuota Calhaj. “Berdasarkan nomor porsi pendaftaran, calon jemaah haji Sukoharjo yang bisa diberangkatkan tahun 2012 mencapai 635 orang,” jelasnya.
Daftar tunggu haji tersebut, kata Imam, malah meningkatkan pendaftar haji. Setiap hari, Kemenag haji menerima 20-30 pendaftar. Tidak hanya itu, lamanya daftar tunggu ini juga mendorong warga untuk segera mendaftar. Karena kalau tidak mendaftar mulai sekarang, keberangkatan mereka bisa semakin lama.
Salah satu pendaftar Calhaj, Siti Maesyaroch (70), warga Kramat Mulur RT 4 RW IV Bendosari, mengatakan keinginan untuk mendaftar sekarang dikarenakan supaya segera berangkat haji dalam waktu dekat. Karena kalau semakin lama mendaftar pastinya berangkat hajinya akan semakin lama. “Dengan alasan tersebut segala sesuatunya saya lengkapi dengan harapan segera berangkat haji,” katanya.