Saturday, July 9, 2011

HP luncurkan Netbook "Mini 1000" untuk menebus dosanya kepada Intel

Beberapa waktu yang lalu, HP telah meluncurkan netbook HP Compaq 2133 yang terbukti kurang sukses di pasaran akibat keputusan bodoh... thumbnail 1 summary
Beberapa waktu yang lalu, HP telah meluncurkan netbook HP Compaq 2133 yang terbukti kurang sukses di pasaran akibat keputusan bodoh HP menggunakan prosesor VIA C7 yang sangat loyo pada netbook tersebut. Sudah bukan rahasia lagi bahwa VIA adalah produsen konyol yang bahkan divisi chipset-nya telah bangkrut. Entah alasan apa yang membuat produsen sekaliber HP mau bercumbu dengan "gembel" seperti VIA.
     Kegagalan HP 2133 tentu merupakan sebuah hukuman yang pantas diterima HP akibat melupakan Intel dan malah merangkul VIA. Namun kini produsen notebook terbesar asal Amerika ini telah menyadari kesalahannya dengan meluncurkan netbook HP Mini 1000 yang kini menggunakan prosesor Inrtel Atom.
     Netbook yang berasal dari negara yang dipimpin oleh orang kulit hitam ini dijual dengan harga berkisar $399, harga tersebut sudah termasuk OS Windows XP Home terinstall di dalamnya.
     HP Mini 1000 menggunakan prosesor Intel Atom N270 1.6GHz dan mengusung berbagi fitur seperti webcam, WiFi,  Bluetooth, SD card slot, LAN, 2 port USB, dan mendukuung konektivitas 3G (optional).

     Notebook yang berbobot cuma 1Kg ini memiliki 2 opsi untuk pilihan ukuran layar yaitu 10.2" dan 8.9" (lebih murah $50). Jenis layarnya glossy dengan resolusi 1024x600.
     Sekalipun berukuran mini, namun HP Mini 1000 menggunakan design keyboard dengan ukuran 92% full size, jadi lebih nyaman dipakai mengetik. Selain itu touchpad dilengkapi dengan fungsi scroll, dan tentunya left/right click.
     Untuk storage tersedia opsi harddisk 60GB 4200rpm, atau SSD 8GB/16GB. Pengalaman buruk konsumen dengan SSD yang miskin kapasitas dan lambat, membuat harddisk masih menjadi storage yang masih paling diminati.
     Pasokan daya HP Mini 1000 mengandalkan pada batere 3-cell saja, namun kedepannya HP akan menyediakan opsi batere 6-cell.
     HP pada pertengahan bulan Desember 2008 nanti juga akan merilis Mini 1000 edisi khusus yaitu "Vivienne Tam edition" yang ditujukan untuk kalangan wanita dan dibandrol dengan harga nyaris 2X lebih mahal, yaitu $700. Tidak ada perbedaan spek dengan versi standard kecuali finishing warna yang lebih feminin saja. Harga 2X lebih mahal dianggap HP pantas sebagai nilai sebuah gengsi bagi wanita yang merasa masih memiliki harga diri.
http://reviewland.com/news/081107-hpmini1000.jpg