Wednesday, March 3, 2010

Kegagalan = Sukses Yang Tertunda

Kegagalan sama dengan enjoy sukses yang tertunda, benarkah demikian? dan apakah kita harus meyakininya? Jika saya ditanya berapa kali menga... thumbnail 1 summary
Kegagalan sama dengan enjoy sukses yang tertunda, benarkah demikian? dan apakah kita harus meyakininya? Jika saya ditanya berapa kali mengalami kegagalan, maka jawabanya adalah ‘banyak atau sering’. Saya sampai tidak ingat sudah berapa kali saya mengalami kegagalan dalam bisnis. Kegagalan dalam arti rugi secara finansial, ataupun hanya rugi waktu dan tenaga. Lalu apakah tidak pernah mengalami sukses?

Untuk kesuksesan memang berbeda pandangan antara satu dengan yang satunya. Ini tidak jauh beda dengan cara pandang tentang “kaya”. Jika dibilang tidak pernah mengalami kesuksesan, bisa saya katakan belum. Karena saya selalu kurang merasa puas dengan setiap hasil yang saya kerjakan. Maksudnya, ketika saya mencapai titik dimana itu tujuan awal saya, maka akan muncul keinginan lain, tentu keinginan untuk lebih maju atau lebih baik dari sebelumnya.
Kegagalan memang tidak harus dihadapi dengan tangisan atau keluhan. Jika kita bisa merasa yakin bahwa kita juga bisa sukses, tentu kita akan bisa menggapainya. Boleh menengok kesuksesan orang lain, tetapi bukan hanya untuk dibayangkan. Terlalu sering melihat kesuksesan orang lain jangan membuat kita menjadi seorang pelamun dengan setumpuk keinginan, tetapi usahakan untuk berpikir dan berusaha untuk lebih bagus, dan jadikan itu sebagai semangat dalam mencapai semua keinginan kita tersebut.
Jika kita sudah merasa yakin bahwa kegagalan adalah anak tangga menuju puncak kesuksesan, maka sudah sewajarnya jika mengalami kegagalan tidak diiringi dengan tangisan. Karena untuk mencapai sukses tidak cukup dengan itu, kita perlu memeras keringat membanting tulang. Jangan merasa bangga mendapatkan sesuatu dengan mudah, karena biasanya sesuatu yang didapatkan dengan mudah akan berakhir dengan mudah pula. Menapaki langkah demi langkah, mendaki tahap demi tahap, hingga pada akhirnya sampai pada titik dimana keinginan telah digantungkan.
Terus berusaha dan Tetap Semangat!