Thursday, August 6, 2009

Editor Musik: Splicer

Layanan pengedit musik online memang tak bisa dibilang banyak. Salah satu yang berhasil ditemukan adalah layanan bernama Splice. Untungnya,... thumbnail 1 summary
Layanan pengedit musik online memang tak bisa dibilang banyak. Salah satu yang berhasil ditemukan adalah layanan bernama Splice. Untungnya, meski langka, kegunaan layanan aplikasi online ini cukup padat. Dengannya, Anda bisa memanfaatkan aneka feature pengedit musik, splicer (penyambung musik), re-mixer, dan beberapa tool lainnya.
Tak hanya itu, setelah login, Anda juga bisa mendapatkan fungsi jejaring sosial untuk bersosialisasi dengan sesama pengguna Splice. Di komunitas itu, Anda bisa saling memerdengarkan lagu editan Anda, dan juga memberi nilai pada lagu-lagu buatan pengguna lain. Anda bisa meng-upload atau langsung merekam suara dengan aplikasi yang tersedia di layanan.
Aplikasi dengan pemrograman AJAX (Asynchronous JavaScript and XML) ini menggunakan aplikasi berbasis Flash. Aplikasi ini tampil seperti pada umumnya sofware edit video. Ada rangkaian tombol pengelola musik (play, stop, pause, dan sebagainya), bar untuk melihat frekuensi suara, sejumlah panel pengedit, pemberi efek, hingga rangkaian equalizer komplet.
Tampilan aplikasi berbalur warna hitam gelap ini cukup user-friendly. Untuk memasukkan audio yang hendak diolah, Anda tinggal klik "Add Stuff" dari sudut kiri atas aplikasi. Selanjutnya, Anda bisa memberi "bumbu-bumbu" seperti efek musik, audio lain, atau suara instrumen tambahan. Perkakas edit yang bisa digunakan mulai dari pemotong audio, feed back, mikrofon, pengatur stereo, dan masih banyak lagi. Sebagai suatu rangakain untuk menggubah sebuah lagu sederhana, tool yang tersedia telah memadai.
Setelah lagu selesai Anda gubah, Anda bisa mengunduhnya ke dalam PC dalam format MP3. Pilihannya tak hanya itu. Anda juga memasukkan lagu tersebut ke jejaring sosial MySpace jika Anda memiliki akunnya, atau mengumandangkannya di blog atau website pribadi dengan menyisipkan player Splice ke dalam halaman web tersebut. (Yuliandi Kusuma - Kontributor)

Website
www.splice.com, www.splicemusic.com
Alternatif
- Hobnox Audio Tool (www.hobnox.com)
- NoteFlight (www.noteflight.com)
- Jam Studio (www.jamstudio.com)

No comments

Post a Comment